Selasa, 01 Februari 2011

kanker serviks

PAP SMEAR

 

    Saya sering banget denger tentang kanker mulut rahim atau juga biasa di sebut kanker serviks. Kamu juga pasti sering denger kan? Lalu apa hubungannya dengan PAP SMEAR?

KANKER SERVIKS

Human papilloma virus (HPV) 16 dan 18 merupakan penyebab utama pada 70% kasus kanker serviks di dunia. Perjalanan dari infeksi HPV hingga menjadi kanker serviks memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10 hingga 20 tahun. Namun proses penginfeksian ini seringkali tidak disadari oleh para penderita, karena proses HPV kemudian menjadi pra-kanker sebagian besar berlangsung tanpa gejala. kanker ini telah membunuh banyak wanita di dunia.

Apa penyebabnya?

  • Menikah atau melakukan hubungan seksual pada usia muda (< 17 tahun)
  • Sering berganti-ganti pasangan seksual dan berhubungan seksual dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan seksual
  • Riwayat infeksi berulang di daerah kelamin atau radang panggul
  • Wanita yang sering melahirkan
  • Wanita perokok memiliki risiko dua kali lebih besar dibandingkan wanita bukan perokok.



 PAP SMEAR

PAP SMEAR yang merupakan singkatan dari Papanicolau Smear, adalah salah satu cara untuk mendeteksi terjadinya perubahan pada sel SERVIKS (mulut rahim), bila terjadi perubahan sel pada sel serviks (sel serviks berubah menjadi Ganas). Maka melalui test PAP smear ini kita bisa mengetahhui nya lebih dini.denagn tahu lebih dini, kita pun bisa mencegahnya, atau paling tidak bisa segera mengatasinya, supaya tidak berkembang menjadi lebih ganas.

Bagaimana caranya?
caranya gampang kok,  kamu datang aja kedokter KANDUNGAN atau Kebagian Kebidanan disuatu Rumah Sakit.
  •  Setelah itu kamu akan dipersilakan berbaring ditempat pemeriksaan dengan maksud kamu akan dilakukan pemeriksaan dalam. Yaitu dokter akan melakukan pembukaan VAGINA dengan alat Khusus sehingga Mulut Rahim akan terlihat dengan jelas oleh Dokter.
  • Lalu Dengan bantuan alat atau tangkai pengusap atau yang disebut dengan SPATULA dokter akan mengambil / mengusap sekeliling SERVIKS  dengan maksud untuk mengambil getah atau lendir yang terdapat pada seputar  SERVIKS  atau  Mulut Rahim. 
  • Getah atau cairan SERVIKS  yang banyak mengadung sel itu kemudian di oleskan pada gelas objek dan difiksasi dengan cairan khusus atau dengan Alkohol 95 %.
  • Kemudian Gelas objek ini di Laboratorium akan dilihat dibawah Mikroskop
Jadi, jauhi penyebab kanker  diatas dan mulailah pola hidup sehat, dengan cara  perbanyak makan buah dan sayur, olahraga yang teratur dan jauhi ROKOK dan SEKS BEBAS! dengan begitu insya Allah kita akan terhindar dari penyakit mengerikan ini. selamt mencoba.(^_^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar